Selasa, 05 Januari 2016

Serunya Belanja di Tiga Negara

MOMENT Holiday with Costa Victoria Cruise (2)

@MRT Station
LIBURAN tanpa berbelanja rasanya jadi haram hukumnya. Secekak mungkin budget yang kita bawa hampir pasti ada sejumlah uang yang kita sisihkan untuk membeli oleh-oleh ya souvenir, makanan khas yang harganya masuk akal sampai belanjaan yang ga masuk akal. Benar apa benar? Bahkan tak jarang sesampainya di rumah kita lantas berpikir apakah ada manfaatnya barang yang dibeli sampai bisa memenuhi lemari, memenuhi koper dan alamakkk membuat koper kita jadi overload (rasain deh yang nambah duit bagasi kemarin hihihi…)
Sama juga seperti liburan kami member Moment di tiga negara Singapura, Thailand dan Malaysia di bulan Desember 2015 kemarin. Baru mendarat di Singapura saja dan menginap satu malam, tas sudah penuh dengan aneka cokelat dan makanan yang dibeli di Mustafa Center di kawasan Little India. Ya, tour leader kami Miss Galuh Irawati (ditambah tour n travel gak ya hehe...) sudah mengatur sedemikian rupa supaya waktu kami bisa bener-bener optimal karena extend kami di hari terakhir setelah kapal pesiar Costa Victoria mendarat di Singapura\ sepertinya waktu belanja akan kurang. Alhasil kami memborong cokelat-cokelat beraneka rasa dengan harga bervariasi mulai dari 2SGD-15SGD (1SGD itu hampir 10ribu rupiah for sure). Besoknya kami pergi ke daerah Bugis untuk belanja souvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, tempelan kulkas, jam tangan, pajangan di meja/lemari atau hiasan dinding macem2 deh. Berapa banyak belanjaan biasanya tergantung level hahaha siapa kemarin ya yang bilang saya jadi lupa. Soalnya makin banyak member atau leader2nya yang dibawain oleh-oleh. Siap grak pokoknya!
ini waktu di chalong temple. Kelapa ini harganya 40 Baht

Nah ini mamanya mamo Nova (Dani Novana) juga special pake banget. Baru pertama kali ke luar negeri dan belanjaannya lumayan hahaha… (mamonya jadi lumanyunnn). Ya namanya juga pengen ngebahagiain orangtua pastinya kita maunya yang terbaik dong yaaaa.. Saya belum bisa bawa orangtua saya liburan ke luar negeri mudah-mudahan next bisa dan ibu masih diberikan kesehatan (my dream wishhh next target amennn)
Masih di Singapura. Baiklah next kita masuk ke kapal pesiar mewah yang di dalamnya ada mallnya hahaha.. (matik dehhh) belum diskon time di waktu-waktu tertentu dimana kita bisa dapat barang mewah kayak tas, jam tangan atau parfum dengan harga miring pake banget karena no tax di dalam. Jangan heran dong kalau bill tagihan udah kumpul 200 USD-300USD (pisss mbak Widya u rock!). Di kapal kita ga ada transaksi pake duit yak arena kita pakainya Costa Card dan nanti billnya terakhir kita bisa bayar pake dolar AS or credit card. Gesek terosss!
Untuk berapa banyaknya uang yang harus ditukar sih tergantung budget masing-masing yaa. Misalnya saja karena di team kita sudah dipandu miss Galuh yang cantik hihihi kira-kira berapa kali kita makan, kisaran harga makanan waktu di Singapura ya relatif terjangkau lah ya antara 5-10SGD. Kalau untuk taksi sih tergantung lokasinya juga kisaran 15-20SGD. Kemarin dari Changi ke tempat kita menginap di Lavender habis ga sampai 30SGD ya tinggal dibagi aja bertiga atau berempat satu taksinya. Trus kalau mau naik MRT kira-kira sekalinya naik cukup 2-3SGD tergantung berapa jauhnya juga sih relatif murah dan cuepet. Naik bus ya kira-kira 2SGD.Kalau untuk hostel sih hari pertama numpang tidur cuman 27SGD trus hari terakhirnya waktu itu dipesenin online kalo dirupiahin Rp 310 ribu jika saya tidak salah ingat maklum bon-bon berceceran :)
Hari pertama dan kedua kita masih di kapal baru hari ketiganya kita berlabuh di Phuket. Untuk menuju ke pantai kita harus naik semacam boat yah dari kapal. Okelah keren pokoknya. Nah untuk pergi ke beberapa tempat ini, miss Gal juga udah arrange kita sewa mobil gitu jatuhnya per orang berapa Bath ya kemarin hmm kalau dirupiahin ga ada 200 ribu pokoknya murah meriah daripada kita ambil tur di kapal pesiar yang kisarannya 50-160 USD. Itu udah dianter-anter kemana-mana termasuk juga tempat suvenirs.
Kita ada ke beberapa tempat mulai dari Big Budha, ke temple dan yang penting lagi shoppingnya ladies hahaha… Ada toko makanan khas Thailand gitu macem-macem seperti buah-buahan yang dikeringkan, kue, kacang, durian pastinya ga boleh ketinggalan tapi dalam berbagai olahan. Harganya bervariasi ada juga yang mulai kisaran 70Baht sampai 300 Baht (Thailand Baht itu kalo dikurs rupiah sekitar Rp 450 murce yaaa hehehe…) makanya belanjanya banyak disini.
Kaos-kaos, cinderamata, pajangan, gantungan kunci, tas pun kisarannya ya segituan antara 200-300 Baht tergantung bahannya juga. Dan di tempat saya itu belanja kalau kurang pun bisa bayar pake rupiah atau dolarnya hahaha mereka aja yang itung-itung pake kalkulator dan kalo kitanya oke langsung deh transaksi. Dan bisa pake card juga pastinya. Buntutnya belanjaan segambreng dan banyak teman memutuskan membeli koper sodara2.. Tragedi koper beranak pinak yaaa jeng DianNita dan DyahFitri.. Tadinya cuman bawa 1 doang eh jadi 2 sampe 3 koper.
koper beranak
Saking masih banyaknya duit Baht yang ada di dompet sampe anak-anak punya ide buka money changer hahaha… yaaa yang kurang duit Bahtnya bisa melipir ke DyahFitri ama DianNita yaaa kayanya mb Emy juga masih banyak juga tuh Bahtnya. Ampun dahhh
Udah selesai? Owh belum dong yaaa
Masih ada Langkawi cintaaaaa…
MRT Station
Padahal di Singapura kita juga udah borong cokelat tapi di Langkawi hasrat ini tak terbendung. Dan ternyata cokelatnya memang enak banget. Sembari berbelanja kaos, souvenirs dan minuman, ternyata masih ada juga yang membeli koper di sana. Koper disana kisaran harga 500ribuan udah dapat lumayan tapi mereknya apa kagak ngerti eike… Alamakkk piss mb Emy n Abah hahaha... Jadilah kembali dan sesampainya di Singapura sibuk menata barang bawaan di koper secermat mungkin supaya semuanya bisa masuk dan sekuat tenaga bisa tertutup (sempurna). Pake acara didudukin segala pokoknya semua jurus deh dilakuin hihihi…
Apakah sudah selesai shoppingnya sodara2?
Ternyata balik di bandara Changi mata masih ijo sana sini liat gerai-gerai tas, souvenirs dan minuman beralkohol yang harganya bisa murcee dibanding di Indo..
Tips aja buat temen2 biar gak galau usahakan apa saja yang mau dibeli dan kepada siapa mau diberikan dicatat terlebih dahulu di notes jadi kita bisa memastikan biar apa yang sudah dibeli tadi tidak mubazir dan hanya memenuhi lemari saja okeeee... Happy Shopping dan ingatt belanja secukupnya.. Apa yang kita butuhkan saja yap, kalau pengen belum tentu butuh juga kaann.. Be a smart buyer yess!
Terusss sejak awal kita nukerin duit di money changer di Indonesia dari SGD, THB, ama RM sudah dikira-kira ya mau banyakin belanja dimana. Kalau kemarin sih banyakan belanja di Thailand karena kursnya murcee bingits. Lalu pisah-pisahin di amplop/dompet yang beda-beda ya biar nggak ketuker-tuker dan gampang ambilnya. Pastikan hitung betul barang yang kita ambil dan kalau perlu hitung pake kalkulator atau bisa dihitung di hapenya masing-masing kurang kembalian bisa lumanyun dehh hehehe... Kalau berniat belanja banyak, siapin tas yang bisa dilipat untuk bisa bawain belanjaan jadi nggak printil-printil (halah bahasa apa itu) bawanya.. Atau dari Indonesia bisa bawa koper yang besar diisi separo saja nah sisa tempat bisa buat tempat oleh-oleh. Ingat2 ya over bagasi gaesss..
Kalau kepepet kurang duit bisa gesek aja yang punya kartu kredit atau kaya mb Annisa pake debit Mandiri juga bisa nanti otomatislah begitu habis dari kasir dikirim notifikasi SMS kayak kita belanja biasa.
tersangka pemilik money changer
Capek belanja, duitnya sih memang udah habis yang di dompet. Tapi yang di rekening Mandiri/BRI ya masih ada pastinya soalnya member Moment diransferin tiap hari iya kann..
Temen2 yang belum join dan pengen ngerasain seperti kami ayuk bergabung dan aktif. Kalau tidak aktif ya mana mau perusahaan bayar kita. Bisnis ini bukan bisnis yang kita beli hak usaha lalu duduk diem terus dapat duit yaa.. BIG NO NO NO…
Ada banyak yang harus kita kerjakan di awal sampai bisnis kita bener2 bisa menghasilkan passive income yang sangat lumayan. Kerja keras KERJA CERDAS klik di sini yaaa www.fiska.momenteagle.com